Pages

Sabtu, 23 Juli 2011

Manajemen Sumber Daya Manusia Sebuah Perspektif

Setiap organisasi tentunya mempunyai berbagai tujuan yang hendak dicapainya. Tujuan tersebut diraih dengan mendayagunakan sumber-sumber dayanya yang ada. Kendatipun berbagai sumber daya yang ada penting bagi organisasi, satu-satunya faktor yang menunjukan keunggulan kompetetif potensial adalah sumber daya manusia dan bagaimana sumber daya ini dikelola, Teknologi produksi, pendanaan, koneksi pelanggan (pemasaran) semuanya dapat ditiru dengan mudah.
Sumber Daya Manusia
Siapapun yang mengelola organisasi akan mengolah berbagai tipe sumber daya untuk meraih tujuan organisasi/perusahaan tersebut. Sumber daya yang dimilki oleh perusahaan dapat dikategorikan atas empat tipe sumber daya :
• Finansial
• Fisik
• Manusia
• Kemampuan teknologis dan sistem
Aset organisasi paling penting yang harus dimilki oleh perusahaan dan sangat diperhatikan oleh manajmen adalah aset manusia dari organisasi tersebut. Terminologi sumber daya manusia (human resources) merujuk kepada orang-orang di dalam organisasi. Tatkala para manajer terlibat dalam aktivitas sumber daya manusia sebagai bagian dari pekerjaannya.
Sumber daya manusia membuat sumber daya lainnya berjalan. Tidak satupun faktor dalam aktifitas bisnis mempunyai dampak yang lebih langsung terhadap kesejahteraan perusahaan selain dari pada sumber daya manusia. Tidak peduli apa keunggulan lainnya yang dimiliki perusahaan, perusahaan tidak akan memaksimalkan produktivitas dan laba usahanya tanpa adanya komunitas karyawan kompeten yang berdedikasi tinggi terhadap keinginan perusahaan.
sumber : Henry Simamora, " Manajemen Sumber Daya Manusia", Penerbit STIE YKPN, Edisi III, tanpa tahun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites